Cara kerja mesin cuci top loading (full automatic) atau bukaan atas

Mesin cuci adalah sebuah perangkat elektronik yang sudah menjadi kebutuhan bagi sebagian orang. selain karena harganya yang terjangkau, mesin cuci dapat membuat pekerjaan mencuci pakaian atau kain menjadi lebih cepat.

Macam-macam jenis mesin cuci

Mesin cuci memiliki beberapa macam jenis atau model, jeni sini sesuai dengan bentuk fisik dan fungsinya. Macam-macam mesin cuci antara lain adalah mesin cuci front loading (bukaan depan), mesin cuci top loading (bukaan atas 1 tabung) dan meisn cuci top loading 2 tabung.

Cara kerja mesin cuci top loading (bukaan atas ) 1 tabung

Mesin cuci top loading 1 tabung sering disebut juga mesin cuci top loading full automatic, hal itu berdasarkan cara kerjanya , dimana semua tahapan proses mencuci dikerjakan secar otomatis oleh sebuah program.

Cara kerja mesin cuci top lading 1 tabung secara garis besar adalah sebagai berkut :

  • Mula-mula mesin cuci dialiri arus listrik dari sumber daya PLN atau yang setara (misalnya Genset).
  • Arus listrik yang mengalir ke sebuah rangkain modul program akan dikendalikkan oleh beberapa tombol yang ada pada panel untuk pengoperasian pengguna.
  • Setelah tombol power ditekan, maka mesin cuci siap digunakan untuk mencuci pakaina atau kain secara otomatis.
  • Jika bahan kain atau pakaian dan deterjen serta pewangi sudah dimasukkan ke mesin cuci , maka ketika tombol start atau mulai ditekan, mesin cuci akan mulai menjalankan proses secara berurutan.
  • Dimulai dari mengisi air dari kran secara otomatis hingga air sesuai dengan yang dikehendaki atau sesuai dengan program yang diinginkan.
  • Setelah air berhenti, maka program akan memerintahkan untuk menggerakkan motor dinamo utama secara bolak balik, hal ini sama halnya dengan mengucek ketika kita mencuci pakaian.
  • Setelah proses mengucek selesai, maka program akan memerintahkan untuk membuang air dan ketika air sabun dan kotoran selesai dibuang, maka dinamo motor akan berputar searah dengan cepat (seperti proses spin / mengeringkan) selama beberapa menit. Hal ini untuk menghilangkan sisa air sabun dan kotoran yang masih menempel di kain.
  • Setelah proses diatas selesai, maka dinamo motor akan segera berhenti kemudian dilanjutkan dengan pengisian air dari kra lagi. Setelah air cukup, maka program akan mengulangi proses mencuci seperti awal. Tujuannnya adalah untuk membilas kain agar benar-benar bersih.
  • Setelah proses bilas selesai, maka program akan memerintahkan untuk membuang air yang kedua kalinya sekaligus dilanjutkan dengan proses spin atau mengeringkan. Pada proses ini adalah proses terakhir dari mencuci. Hingga beberapa menit lebih lama dari proses spin yang pertama, maka program akan berhenti secara otomatis yang menandakan bahwa cucian sudah selesai.Yang perlu diketahu adalah, bahwa prose spin atau mengeringkan itu tidak bisa sampai benar-benar kering sperti dijemur pada matahar, namun hanya menghilangkan kadar air sampai kurang lebih 80 persen, dan selanjutnya yang 20 persen bisa dikeringkan di bawah sinar matahari atau ruangan blower atau bahkan hanya terkena angin saja.

 

Kembali ke halaman depan service mesin cuci Jogja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *