Cara service modul mesin cuci samsung top loading 1 tabung

Cara service modul mesin cuci samsung top loading 1 tabung – Panduan cara memperbaiki atau service mesin cuci merk samsung yang rusak di bagian modul serta langkah demi langkah.

Sekilas tentang mesin cuci satu tabung 

seperti yang pernah di jelaskan berulang kali dalam website ini, mesin cuci jenis satu tabung top loading memiliki komponen atau bagian yang disebut modul kontrol yang berfungsi untuk mengontrol seluruh bagian lain.

Modul kontrol dapat mengontrol kerja motor dinamo, water selenoid, motor drain, water level sensor dan mengatur proses mencuci dan spin mesin cuci.

Apabila modul kontrol pada mesin  cuci mengalami kerusakan, maka proses kerja dari mesin cuai akan terganggu.

Modul kontrol mesin cuci 1 tabung samsung

Demikian juga pada mesin cuci jenis top loading merk samsung satu tabung, tentu menggunakan komponen modul kontrol sebagai pengendali sistem kerjanya.

Modul mesin cuci samsung jenis top loading atau satu tabung kerap kali mengalami kerusakan, ini dikarenakan oleh faktor usia atau lainnya.

Sebetulnya modul kontrol mesin cuci top loading merk samsung ketika mengalami kerusakan harus diganti dengan modul yang baru, agar bekerja lebih maskimal seperti saat pertama membeli mesin cuci baru.

Namun karena harga modul mesin cuci samsung cukup mahal, ada solusi kedua yakni memperbaiki modul mesin cuci samsung apabila memang msih memungkinkan.

Karena modul mesin cuci samsung memang dibuat dengan ditutup silikon pada seluruh komponennya, hal tersebut untuk menghindari udara lembab dan air agar tidak masuk ke komponen-komponen modul.

Dalam modul mesin cuci samsung terdapat komponen elektronik aktif dan pasif, apabila yang rusak adalah komponen pasif kemungkinan masih bisa diperbaiki, akan tetapi jika yang rusak adalah komponen aktif seperti ic atau chipset maka sebaiknya ganti modul baru.

Cara service modul mesin cuci samsung top loading 1 tabung

Apabila anda sebagai teknisi atau jasa service dan perbaikan mesin cuci mengalami kasus mesin cuci samsung dibagian modul kontrolnya, maka anda coba tawarkan kepada konsumen terlebih dahulu, apakah mau ganti modul baru atau di perbaiki terlebih dahulu.

Namun dalam beberapa model mesin cuci merk samsung, ada beberapa yang memang sulit mencari penggantinya di pasaran atau memang sudah tidak keluar lagi. Kalau kondisinya demikian, coba alangkah baiknya untuk diperbaiki jika masih memungkinkan.

Dalam tulisan ini akan dijelaskan langkah demi langkah cara memperbaiki atau service modul mesin cuci samsung yang mengalami kerusakan, baik mati total atau ada beberapa tombol yang tidak berfungsi.

Namun perlu diingat bahwa panduan ini hanya diperuntukkan buat mereka yang berprofesi sebagai teknisi atau yang sedang belajar teknisi mesin cuci, bukan untuk pemakai mesin cuci atau konsumen.

Alasannya adalah hal tersebut jika dilakukan oleh konsumen dapat menyebabkan bahaya sengatan listrik.

Namun apabila seorang konsumen akan mencoba service modul sendiri, ada beberapa persyaratan harus dimiliki.

Persiapan service modul mesin cuci samsung top loading

Untuk dapat berhasil dalam service atau perbaikan modul mesin cuci samsung satu tabung, sebaiknya anda menguasai atau mempersiapkan hal-hal berikut :

1. Menguasai dasar-dasar kelistrikan

Dengan menguasai dasar-dasar tantang kelistrikan, maka akan terhindar dari bahaya sengatan listrik atau dalam istilah sehari-hari kesetrum listrik.

2. Menguasaai atau dapat menggunakan alat ukur listrik

Alat ukur listrik seperti multimeter atau voltmeter sangat diperlukan dalam pekerjaan service elektronik dan juga service modul mesin cuci. Dengan mengetahui cara menggunakan alat ukur listrik , maka kemungkinan berhasil sangat besar.

3. Mengetahui kegunaan komponen elektronik

Mengetahui kegunaan komponen elektronik sangat diperlukan, gunanya adalah agar tidak salah dalam menganalisa kerusakan. Sebagai contoh apabila arus atau tegangan lstrik tidak mengalir , maka yang dicek atau di lacak adalah sekring atau resistor , bukan kapasitor.

4. Dapat membaca jalur pada PCB atau papan cetak tempat komponen elektronik.

Membaca jalur atau rute pengawatan pada pcb atau papan sirkuit  sangat penting, hal ini agar dalam melacak kerusakan dengan alat ukur listrik atau multimeter menjadi mudah.

Dan masih banyak lagi hal yang harus dikuasai agar dalam memperbaiki atau service modul mesin cuci dapat berhasil. Namun dengan memngetahui atau menguasai keempat hal diatas, sepertinya cukup dalam melakukan service modul mesin cuci samsung top loading.

Cara service modul mesin cuci samsung top loading 1 tabung mati total

Pada pembahasan kali ini, akan diambil contoh cara service modul mesin cuci samsung 1 tabung dengan kerusakan mati total.

Hal-hal yangperlu diperhatikan sebelum melakukan service adalah :

  • Pastikan steker listrik sudah dicabut dari stop kontak
  • Siapkan peralatan yang dibutuhkan, seperti solder, cutter , obeng, multimeter, tinol tau timah, kabel.
  • Lepas modul kontrol dari unit mesin cuci, hal ini agar mempermudah pengecekan.
  • Letakkkan di tempat yang lebih tinggi dari lantai, misalnya meja atau sejenisnya.

Setelah persiapan diatas, kemudian mulai melacak dimana letak kerusakan mesin cuci.

Dalam hal diatas adalah sudah memastikan bahwa stop kontak terdapat tegangan listrik yang normal biasanya antara 200-250 volt ac.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *