Mesin Cuci Samsung 1 Tabung > Cara Service & Reset Modul Kontrol Rusak

Cara service modul mesin cuci samsung top loading 1 tabung – Panduan cara memperbaiki atau service mesin cuci merk samsung yang rusak di bagian modul serta langkah demi langkah.

Mesin Cuci >> Alat bantu cuci pakaian

Barang elektronik ini menjadi primadona dalam membantu para Ibu Ibu rumah tangga untuk urusan mengucek dan membilas pakaian.

Mulai dari proses merendam, mengucek, membilas dan memeras sudah dilakukan oleh mesin cuci.

Tak heran jika peminat untuk membeli mesin cuci sangat besar dari waktu ke waktu.

Apalagi ditambah dengan harga mesin cuci 1 tabung samsung yang semakin terjangkau.

Cara kerja mesin cuci 1 tabung dapat melakukan hampir seluruh proses secara otomatis, jadi keterlibatan pengguna sangat sedikit, oleh karena itu sangat menghemat waktu.

Mesin Cuci Satu Tabung >> Sekilas Pengertian

Seperti yang pernah di jelaskan berulang kali dalam website ini, mesin cuci jenis satu tabung top loading memiliki komponen atau bagian yang disebut modul kontrol yang berfungsi untuk mengontrol seluruh bagian lain.

Modul kontrol dapat mengontrol kerja motor dinamo, water selenoid, motor drain, water level sensor dan mengatur proses mencuci dan spin mesin cuci.

Apabila modul kontrol pada mesin  cuci mengalami kerusakan, maka proses kerja dari mesin cuci akan terganggu. Untk itu sangat penting sekali mengetahui cara menggunakan mesin cuci 1 tabung dengan baik dan benar.

Cara Menggunakan Mesin Cuci Samsung 1 Tabung

Agar mesin cuci yang kita pakai sehari hari bisa awet dan tahan lama, maka sangat dianjurkan membaca buku panduan mesin cuci yang diberi saat membeli, atau jika beli seken atau bekas, bisa dengan cara mencari panduan lewat internet bagaimana cara menggunakan mesin cuci samsung  1 tabung yang baik dan benar.

Dengan memahami cara penggunaan tersebut, maka kita akan sangat berhati hati dalam memakai mesin cuci tersebut.

Karena banyak kasus mesin cuci cepat rusak dan setelah diketahui yang menjadi penyebab mesin cuci rusak adalah karena ketidakpahaman dalam menggunakan mesin cuci tersebut.

Penyebab mesin cuci rusak memang bukan satu satunya karena pemakaian yang tidak benar, namun itu hanya salah satu akibat saja.

Mesin Cuci 1 Tabung Samsung >> Modul Kontrol

Demikian juga pada mesin cuci jenis top loading merk samsung satu tabung, tentu menggunakan komponen modul kontrol sebagai pengendali sistem kerjanya.

Modul mesin cuci samsung jenis top loading atau satu tabung kerap kali mengalami kerusakan, ini dikarenakan oleh faktor usia atau lainnya.

Sebetulnya modul kontrol mesin cuci top loading merk samsung ketika mengalami kerusakan harus diganti dengan modul yang baru, agar bekerja lebih maskimal seperti saat pertama membeli mesin cuci baru.

Namun karena harga modul mesin cuci samsung cukup mahal, ada solusi kedua yakni memperbaiki modul mesin cuci samsung apabila memang masih memungkinkan.

Sebagai contoh untuk Harga modul mesin cuci Samsung tipe  wa70v4, wa90f4 misalnya, harga masih di sekitar 500 ribuan keatas saat tulisan ini ditulis tanggal 10 April 2018.

Mahalnya harga modul mungkin dikarenakan sistem kerja yang sudah menggunakan teknologi digital dalam sistem kontrol micom nya.

seperti diketahui bahwa hampir semua sistem yang menggunakan teknologi digital memang mahal.

Karena modul mesin cuci samsung memang dibuat dengan ditutup silikon pada seluruh komponennya, hal tersebut untuk menghindari udara lembab dan air agar tidak masuk ke komponen-komponen modul.

Dalam modul mesin cuci samsung terdapat komponen elektronik aktif dan pasif, apabila yang rusak adalah komponen pasif kemungkinan masih bisa diperbaiki, akan tetapi jika yang rusak adalah komponen aktif seperti ic atau chipset maka sebaiknya ganti modul baru.

Mesin Cuci Samsung >> Kerusakan Modul  Kontrol Yang Sering Dijumpai

Kerusakan yang dialami modul pada mesin cuci merk Samsung umumnya sering terjadi berulang ulang pada seri yang lain.

Jadi setiap merk mesin cuci memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Ada yang memiliki kualitas modul kontrol sangat awet, namun bagian atau komponen lain sering trouble atau rusak.

Disisi lain ada merk mesin cuci yang bagian modul kontrol kurang awet namun komponen lain sangat awet dan kuat.

Kerusakan pada modul mesin cuci merk samsung, baik yang jenis 1 tabung maupun front loading umumnya menyebabkan :

1. Mesin cuci mati total

2.Mesin cuci tidak berputar

3.Mesin cuci air tidak mengalir

4.Mesin cuci air keluar terus

5.Mesin cuci pengering tidak berputar

Biasanya kerusakan atau gejala pada mesin cuci samsung jenis saatu tabung dan front loading akan mengeluarkan kode error.

Salah satu contoh adalah apabila mesin cuci rusak dengan kondisi air tidak mengalir atau masuk ke tabung dari kran, Mesin cuci akan memunculkan kode error di bagian display E1 (E satu) atau 4E (empat E).

Kerusakan tersebut adalah karena ada masalah dengan pasokan air yang menuju selenoid atau water inlet valve menuju ke tabung cuci.

Mesin Cuci Samsung >> Kode Error Kerusakan

Mesin cuci merk samsung jenis satu tabung atau front loading akan muncul kode error saat terjadi kerusakan pada komponennya, kecuali kondisi rusak mati total, maka kode error tidak muncul.

Lihat daftar Kode Error Mesin Cuci Samsung secara lengkap, serta cara mengatasi kerusakan tersebut.

Ada beberapa kasus mesin cuci menjadi error secara kinerjanya, namun setelah dilakukan pengecekan pada komponen komponen ternyata tidak ada kerusakan, hal ini biasanya terjadi kerusakan di bagian softwarea tau firmware nya yang terdapat pada ic memori modul kontrol.

Kerusakan tersebut bisa diperbaiki dengan cara melakukan reset ulang atau memprogram atau flash ulang IC memori nya.

Cara reset modul mesin cuci samsung

Untuk dapat melakukan reset pada modul mesin cuci dapat dilakukan dengan dua cara, yakni dengan tanpa melepas IC memori dan yang kedua dengan melepas IC memori (cara paling ampuh).

Cara pertama, syaratnya harus memiliki alat copy eeprom model RX dan TX soket yang bisa langsung ditempelkan pada pin pin konektor yang tersedia di luar pada modul mesin cuci.

Cara yang kedua dengan cara melepas IC memori dan di flash atau reset ulang menggunakan alat copy memori model soket SOIC atau DIP 8 kaki.

Akan tetapi cara reset tersebut harus sudah memiliki firmware atau software tipe mesin cuci tersebut, misalnya samsung wa70v4, maka harus di di flash ulang menggunakan software atau firmware yang sama dan normal.

Cara mendapatkan firmware tersebut bisa di cari lewat internet atau dengan melakukan copy pada IC memori meisn cuci seri yang sama yang masih normal.

Mesin Cuci Samsung 1 Tabung >> Cara Service Modul

Apabila anda sebagai teknisi atau jasa service dan perbaikan mesin cuci mengalami kasus mesin cuci samsung dibagian modul kontrolnya, maka anda coba tawarkan kepada konsumen terlebih dahulu, apakah mau ganti modul baru atau di perbaiki terlebih dahulu.

Namun dalam beberapa model mesin cuci merk samsung, ada beberapa yang memang sulit mencari penggantinya di pasaran atau memang sudah tidak keluar lagi. Kalau kondisinya demikian, coba alangkah baiknya untuk diperbaiki jika masih memungkinkan.

Dalam tulisan ini akan dijelaskan langkah demi langkah cara memperbaiki atau service modul mesin cuci samsung yang mengalami kerusakan, baik mati total atau ada beberapa tombol yang tidak berfungsi.

Dengan ada beberapa tombol kontrol yang tidak berfungsi, maka dipastikan kerusakan berada dalam bagian modul mesin cuci.

Jika salah satu tombol tidak berfungsi, maka akan menyebabkan perintah di modul kontrol tidak berfungsi juga.

Namun perlu diingat bahwa panduan ini hanya diperuntukkan buat mereka yang berprofesi sebagai teknisi atau yang sedang belajar teknisi mesin cuci, bukan untuk pemakai mesin cuci atau konsumen.

Alasannya adalah hal tersebut jika dilakukan oleh konsumen dapat menyebabkan bahaya sengatan listrik.

Namun apabila seorang konsumen akan mencoba service modul sendiri, ada beberapa persyaratan harus dimiliki.

Mesin Cuci Samsung Top Loading >> Persiapan Service Modul PCB Kontrol

Untuk dapat berhasil dalam service atau perbaikan modul mesin cuci samsung satu tabung, sebaiknya anda menguasai atau mempersiapkan hal-hal berikut :

1. Menguasai dasar-dasar kelistrikan

Dengan menguasai dasar-dasar tantang kelistrikan, maka akan terhindar dari bahaya sengatan listrik atau dalam istilah sehari-hari kesetrum listrik.

2. Menguasaai atau dapat menggunakan alat ukur listrik

Alat ukur listrik seperti multimeter atau voltmeter sangat diperlukan dalam pekerjaan service elektronik dan juga service modul mesin cuci. Dengan mengetahui cara menggunakan alat ukur listrik , maka kemungkinan berhasil sangat besar.

3. Mengetahui kegunaan komponen elektronik

Mengetahui kegunaan komponen elektronik sangat diperlukan, gunanya adalah agar tidak salah dalam menganalisa kerusakan. Sebagai contoh apabila arus atau tegangan lstrik tidak mengalir , maka yang dicek atau di lacak adalah sekring atau resistor , bukan kapasitor.

4. Dapat membaca skema jalur pada modul PCB atau papan cetak tempat komponen elektronik.

Membaca skema jalur atau rute modul pengawatan pada pcb atau papan sirkuit  sangat penting, hal ini agar dalam melacak kerusakan dengan alat ukur listrik atau multimeter menjadi mudah.

Biasanya setiap mesin cuci akan menyertakan skema modul yang ditempel pada belakang mesin cuci. Skema tersebut dapat dijadikan dasar acuan saat memperbaiki mesin cuci.

Dan masih banyak lagi hal yang harus dikuasai agar dalam memperbaiki atau service modul mesin cuci dapat berhasil. Namun dengan memngetahui atau menguasai keempat hal diatas, sepertinya cukup dalam melakukan service modul mesin cuci samsung top loading.

Mesin Cuci Samsung 1 Tabung >> Cara Service Modul  Kontrol Mati Total

Pada pembahasan kali ini, akan dibahas cara service modul mesin cuci samsung 1 tabung dengan kerusakan mati total.

Hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan service adalah :

  • Pastikan steker listrik sudah dicabut dari stop kontak
  • Siapkan peralatan yang dibutuhkan, seperti solder, cutter , obeng, multimeter, tinol tau timah, kabel.
  • Lepas modul kontrol dari unit mesin cuci, hal ini agar mempermudah pengecekan.
  • Letakkkan di tempat yang lebih tinggi dari lantai, misalnya meja atau sejenisnya.

Setelah persiapan diatas, kemudian mulai melacak dimana letak kerusakan mesin cuci.

Dalam hal diatas adalah sudah memastikan bahwa stop kontak terdapat tegangan listrik yang normal biasanya antara 200-250 volt ac.

Jika semua sudah disiapkan maka dapat langsung melakukan pembongkaran modul mesin cuci sebagai berikut :

-Buka penutup atau pelindung yang terbuat dari bahan plastik dengan cara menyayat dari sisi bawah atau yang terdapat jalur di papan PCB.

Hati hati dalam menyayat dengan cutter, karena jika terlalu dalam maka akan menyebabkan jalur jalur PCB rusak dan jika tersayat cutter akan menyebabkan kerusakan lebih parah.

-Sayat di bagian sisi pinggir menegeliliing bentuk PCB modul.

-Jika penutup sudah lepas, maka akan terlihat jalur PCB yang tertutup silikon anti air berwarna bening.

-Buang silikon tersebut dengan obeng minus secara hati-hati agar tidak terkena jalur PCB.

-Jika semua silikon sudah lepas, maka jalur PCB akan terlihat dengan jelas.

-Selanjutnya mulai mengukur dengan multimeter, arahkan selektor multimeter pada skala Ohm 1X, kemudian ukur hubungan dari jalur input AC 220 volt menuju dioda penyearah jembatan jika menggunakan sistem ac matic.

Namun jika menggunakan sistem transformator, ukur hubungan antara jalur input AC 220 Volt menuju ke dua kaki transformator.

Jika koneksi atau hubungan normal alias 0 (nol) ohm, berarti jalur input ac 220 volt menuju bagian ini tidak ada masalah.

Namun untuk memastikannya, coba pasang steker listrik menuju jala jala listrik 220 volt ac, kemudian ukur tegangan di kedua titik transformator input atau dioda jembatan, arahkan multimeter ke skala AC  300 volt.

Kemudian ukur tegangan tegangan, seharusnya ada tegangan 220 volt ac, jika sudah ada tegangan tersebut berarti jalur bagian ini normal.

-Kemudian lanjutkan pengukuran tegangan skunder yang digunakan untuk supply IC atau rangkaian micom (micro kontroler)

Cari bagian skunder trafo yang menuju dioada penyearah kemudian ukur tegangan DC di titik electrolit capasitor (elco), lihat tegangan pada body elco, kalau tegangan tercantum 16 volt 1000 uf misalnya, berarti tegangan di kaki elco ini kurang dari 16 volt, gunakan skala multimeter pada selektor 25 volt DC.

Jika terukur tegangan 12 volt misalnya, berarti pada bagian ini normal.

Atau jika menggunakan sistem ac matic (tidak menggunakan tranformator), coba cari elco seperti ukuran diatas, ukur di kedua titik elco tersebut, jika hasilnya ada tegangan seperti diatas, maka bagian ini normal.

-Setelah pengukuran tersebut, maka lanjutkan dengan mengukut tegangan 12 volt yang menuju IC atau bagian regulator 5 volt, ukur outpu tegangan dari IC ini, jika ada tegangan 5 volt, kemudian lanjutkan mengukur tegangan di bagian kaki input IC program atau micom. Jika tegangan 5 volt DC sudah sampai titik ini berarti bagian ini normal.

-Kemudian lanjutkan dengan mengukur tombol push ON – OFF dikedua kaki menggunakan skala Ohm meter 1 X, ingat bahwa listrik steker harus dicabut terlebih dahulu.

Ukur hambatan kedua kaki tombol dengan cara menekannya, jika jarum Ohm meter begerak menuju 0 Ohm alias hubung singkat, berarti tombol ON-OFF tidak bermasalah.

-Kemudian ukur dengan Ohm meter skala 1X kedua kaki tombol ON-OFF menuju ke input IC micom, jika kedua sudah terhubung dengan baik, maka lupakan untuk memperbaiki modul  mesin cuci ini, karena kerusakan sudah parah.

Dengan mengikuti panduan diatas disimpulkan bahwa kerusakan terdapat pada CHIP atau IC program atau micom.

Solusinya adalah ganti dengan modul kontrol yang baru.

 

Home >> Mesin Cuci>> Mesin Cuci 1 Tabung >> Mesin Cuci Samsung 1 Tabung > Cara Service & Reset Modul

 

 

JIKA TULISAN INI BERMANFAAT, Silakan BAGIKAN KE SOSMED :

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *