Fungsi dan cara kerja pulsator atau agitator mesin cuci

Fungsi dan cara kerja pulsator atau agitator mesin cuci – Penjelasan secara singkat padat dan jelas mengenai fungsi dan cara kerja komponen atau bagian pulsator pada mesin cuci dua tabung, mesin cuci top loading dan mesin cuci front loading.

Pengertian pulsator atau agitator 

Agitator memiliki arti pengaduk, jika sedangkan pulsator memiliki arti penghasut. Namun dalam tulisan kali ini pulsator atau agitator mengacu pada komponen dalam mesin cuci.

Pengertian pulsator atau agitator pada mesin cuci

Setiap mesin cuci merk dan model apapun pasti dilengkapi dengan sebuah bagian atau komponen yang disebut pulsator atau agitator. Baik pada mesin cuci dua tabung, mesin cuci satu tabung atau mesin cuci front loading.

Pulsator atau agitator pada mesin cuci berfungsi untuk menggantikan tangan manusia saat mencuci pakaian , kain, atau  tekstil. Dimana pulsator atau agitaor akan mengaduk air, deterjen, dan kain menjadi satu sehingga persis seperti orang mencuci pakaian atauy kain.

Fungsi pulsator atau agitator pada mesin cuci

Seperti dijelaskan diatas , bahwa agitator atau pulsator mempunyai fungsi untuk menggantikan tangan manusia saat melakukan cuci kain maupun pakaian. Akan tetapi agitator juga memiliki fungsi yang lebih komplek yakni untuk menjaga agar pakaian tidak menggumpal, untuk mencampur air dengan dterjen, untuk mengucek pakaian, untuk menggerakkan pusaran air.

Cara kerja agitator atau pulsator pada mesin cuci

Setiap mesin cuci  memiliki komponen atau bagian-bagian penyusun untuk membentuk suatu mesin yang dapat mencuci kain atau pakaian secara otomatis , komponen atau bagian-bagian tersebut terdiri dari casing atau box wadah komponen, timer wash, timer spin, tabung cuci, dinamo motor wash, dinamo motor spin, kapasitor, klep buang air, modul kontrol, water level sensor, water inlet atau selenoid, gearbox, pulsator, motor drain, switch door, safety switch, pipa buang, pipa masuk.

Namun pada pembahasan kali ini, mesincuci-jogja.com akan menjelaskan bagaimana cara kerja pulsator atau agitator mesin cuci sehingga bisa membuat pakaian jadi bersih,

  • Mula-mula, pakaian, air, deterjen diletakkan dalam tabung cuci, kemudian sebuah perintah dijalankan untuk proses mencuci.
  • Seketika itu, motor dinamo akan teraliri arus listrik, dan dinmo berputar, dinamo yang dihubungkan ke gear box melalui sebuah karet V belt akan memutar as gear box, kemudian as gear box yang terhubung dengan pulsator akan mulai bergerak ke arah kanan untuk beberapa saat (sekitar 10 detik), lalu kemudian arus listrik  berhenti.
  • Kemudian arus litrik megalir lagi ke dinamo motor namun dengan fasa arus yang berbeda, sehingga pulsator akan bergerak ke kiri (selam 10 detik), dan proses itu akan berulang-ulang selama waktu yang telah ditentukkan menggunakan timer wash ( 1 menit, 5 menit, sampai 2 jam).
  • Karena gerakan pulsator atau agitator ayang bergerak ke kanan dan ke kiri secara berulang-ulang, maka pakaian atau kaian seolah-olah dikucek menggunakan tangan. Dengan demikia pakain yang tadinya kotor akan menjadi bersih.

Macam-macam bentuk pulsator atau agitator mesin cuci

Berikut adalah bentuk-bentuk agitator atau pulsator yang terdapat pada mesin cuci satu tabung dan dua tabung>

macam macam bentuk agitator atau pulsator mesin cuci

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *