Cara Kerja Modul / PCB kontrol / Mainboard mesin cuci satu tabung top loading atau bukaan atas

Seperti yang telah disinggung pada pembahasan bagian-bagian atau komponen mesin cuci satu tabung top loading, Bahwa komponen bernama pcb modul kontrol atau mainboard mesin cuci memiliki peranan utama sebagai pengontrol keseluruhan proses cuci dan peras kain atau pakaian.

PCB kontrol atu modul atau mainboard sebagai pengganti manusia

Tidak seperti pada model mesin cuci dua tabung atau generasi pertama, dimana hampir seluruh proses cuci, bilas, buang air ,memeras kain cucian dilakukan secara manual oleh manusia atua penggunanya.

Pada mesin cuci generasi sekarang atau model satu tabung , baik yang bukaan atas (top loading) maupun yang bukaan depan (front loading), hampir semua proses dilakukan secara otomatis oleh sebuah komponen yang disebut PC kontrol atau modul atau mainboard.

Hampir 90 persen pekerjaan proses mencuci kain atau pakaian diproses dalam modul atau pc b kontrol

Karena berkat kerja dari pcb kontrol atau modul yang bekerja otomatis seperti komputer, maka mesin cuci model ini sering disebut mesin cuci full otomatis atau mesin cuci yang bekerja penuh secara otomatis mulai dari mengisi air, mengucek pakaian, mencampur deterjen, membuang air, membilas serta memeras pakaian.

Jika diperhatikan secara seksama, sebetulnya mesin cuci ini tetap masih membutuhkan campyr tangan manusia, yakni untuk memasukkan pakaian dan deterjen serta memulai atau mengaktifkan mesin cuci . Sehingga bisa dikatakan bahw hampir 90 persen proses dilakukan oleh modul kontrol atau mainboard dan 10 persen dilakukan oleh manusia.

Cara kerja Cara Kerja Modul / PCB kontrol / Mainboard mesin cuci satu tabung top loading atau bukaan atas

Modul atau pcb kontrol pada mesin cuci memiliki pernanan yang sangat penting seiring dengan semakin majunya bidang teknologi. Berikut cara kerja modul atau pcb kontrol mulai awal hingga selesai dan kain atau pakaian siap dijemur :

  • Mula-mula jack plug sudah terpasang pada ac 220 inlet dan slang pipa air masuk atau inlet sudah terhubung ke sumber air kran dan kain atau pakaian serta deterjen sudah dimasukkan ke tabung.
  • Kemudian sebagai pengguna akan menekan tombol power on pad panel depan yang sebenarnya adalah tombol menuju modul kontrol atau mainboard.
  • Setelah tombol power menyala, modul pc b siap menerima perintah, yakni apakah untuk proses cuci, bilas, merendam,memeras atau keempatnya.
  • Setelah semua pilihan ditentukkan, maka tombol start atau memulai ditekan yang sebenarnya juga terhubung ke modul kontrol pcb, Setelah ditekan tombol start, modul mulai menjalankan perintah dan mengalirkan arus listrik menuju ke motor dinamo, water inlet selenoid dan saat perintah spin atau memeras juga arus listrik mengalir ke motor drain(buang air). Proses ini berjalan secara otomatis dan berurutan hingga cucian siap diangkat dan dijemur.
  • Perlu diketahui bahwa kain atau pakain setelah selesai cuci atau spin tidak benar-benar kering 100 persen, namun kurang lebih sekitar 80 persen saja, jadi sisa air 20 persen pada pakaian atau kain harus di jemur atau digantung agar kena angin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *