Cara Kerja Water Inlet Atau Selenoid Mesin Cuci 1 tabung

Setelah mengetahui bagaimana cara kerja mesin cuci top loading 1 tabung dan bagaimana cara motor dinamo penggerak mesin cuci bekerja, Kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara kerja komponen mesin cuci satu tabung yang bernama water inlet atau selenoid.

Tentang apa itu water inlet pada mesin cuci satu tabung top loading

Sesuai dengan namanya, water inlet adalah sebuah komponen yang terdapat pada mesin cuci bukaan atas atau top loading yang terletak di bagian atas dari unit mesin cuci. Fungsinya adalah untuk mengalirkan air dari sumber air secara otomatis. Komponen ini cara kerjanya diatur oleh sebuah kontrol program yang terdapat pada modul elektronik kontrol atau sering disebut sebagai main pwb.

Cara kerja water inlet dalam mengalirkan air ke mesin cuci

Tidak seperti pada mesin cuci generasi sebelumnya yaitu mesin cuci dua tabung yang sumber aliran airnya masih menggunaan cara manual menggunakan pipa yang dialirkan dari sumber air harus diawasi dan dilakukan oleh pengguna saat aakn mengisi air ke mesin cuci.

Pada model mesin cuci satu tabung top loading, hampir semua berjalan secara otomatis, termasuk aliran air yang digunakan untuk mengisi tabung mesin cuci. Berikut proses pengisian air melalui sebuah komponen water inlet atau selenoid :

  • Mula-mula air dari kran atau sumber air disambungkan ke mesin cuci melalui lubang yang ada pada water inlet.
  • Dalam keadaan mesin cuci mati atau standby, maka air dari kran atau sumber air tidak akan mengalir ke mesin cuci, karena ditahan oleh sebuah karet kecil yang ada dalam selenoid atau water inlet.
  • Ketika mesin cuci akan digunakan untuk proses mencuci, maka program akan memerintahkan modul atau main pwb untuk mengaliran arus listrik menuju selenoid, kemudian sebuah kumparan di dalam selenoid akan menarik jangkar besi yang disertai pegas dan membebaskan katup karet, dengan demikian aliran air mengalir dari selenoid menuju lubang ke tabung mesin cuci.

 

Kembali ke halaman depan service mesin cuci Jogja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *