Cara memperbaiki mesin cuci 1 tabung yang rusak dengan benar

Panduan langkah demi langkah cara memperbaiki kerusakan pada mesin cuci jenis satu tabung yang rusak dengan cara yang baik dan benar serta aman sesuai standar.

Berlaku untuk mesin cuci 1 tabung merk apapun seperti SANYO, SAMSUNG, POLYTRON, LG, SHARP dan merk lainnya.

Seperti kita ketahui bersama bahwa keberadaan mesin cuci memang sangat berguna dalam membantu kerjaan mencuci pakaian, terutama bagai ibu – ibu yang sibuk.

Mesin cuci pun sebenarnya ada 3 jenis yakni mesin cuci dua tabung, mesin cuci 1 tabung dan mesin cuci front loading.

Akan tetapi dalam pembahasan kali ini akan dibahas mengenai bagaimana cara memperbaiki mesin cuci 1 tabung yang mengalami kerusakan pada bagian atau komponen tertentu sehingga tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya.

PERINGATAN : Panduan ini tidak diperuntukkan bagi pengguna, namun untuk mereka yang setidaknya sudah menguasai dasar kelistrikan dan cara menggunakan alata atau tool elektronika.

Langsung saja dengan pembahasan kasus mesin cuci dengan gejala atau kondisi mati total.

Perlu diketahui bersama bahwa meskipun mesin cuci jenis 1 tabung memiliki kerusakan atau gejala yang sama, namun belum tentu komponen atau bagian yang rusak sama antara mesin cuci yang satu dengan yang lain.

Oleh karena itu harus dilakukan pengecekan secara berurutan langkah demi langkah.

Langkah – langkah nya adalah sebagai berikut :

1.Siapkan peralatan seperti obeng plus, minus, segi enam, kunci pas, kunci inggris dan multimeter untuk membuka kasing atau penutup pada modul mesin cuci , tutup belakang dan tutup bawah mesin cuci serta untuk pengukuran arus dan tegangan listrik serta bagian atau komponen komponen mesin cuci 1 tabung.

2.Kemudian lakukan pengecekan pada kabel ac atau steker yang menuju ke jala-jala listrik PLN. Pastikan kabel dalam keadaan baik dan mulus serta tidak cacat atau terkelupas.

3.Lanjutkan dengan membuka tutup atau di belakang tutup tabung, dalam lokasi tersebut untuk menyimpan instalasi kabel dari listrik 220 volt dan kabel ke komponen lain.

4.Gunakan skala ohm meter pada 1X, kemudian lakukan pengecekan antara ujung steker ke ujung kabel yang masuk ke sambungan yang menuju sekring ke modul kontrol. Cek apakah masih tersambung dengan baik atau tidak. Karena terkadang ada beberapa kasus yang mengalami putusnya salah satu kabel di dalam jack steker ini.

5.Jika ternyata sambungan bagus, maka lanjutkan dengan mengukur tegangan 220 volt ac yang masuk di kedua ujung seteker. jangan lupa untuk merubah posisi skala pada multimeter menjadi AC 300 Volt. Jika terukur tegangan 220 volt, berarti kabel steker dalam keadaan baik.

6.Lanjutkan dengan membongkar tutup atas bagian depan yang untuk menempatkan modul kontrol. Cek apakah tegangan 220 volt sudah masuk pada soket atau sambungan ke modul kontrol. Jika ternyata sudah masuk tegangan 220 volt, maka bisa dipastikan bahwa modul rusak.

Solusinya ada dua cara, yakni dengan mengganti modul yang baru, kedua dengan memperbaiki modul kontrol mesin cuci bila masih memungkinkan.

Namun Sebaiknya ganti dengan modul yang baru, untuk bisa menjadikan mesin cuci bisa normal kembali.

 

Home >> Mesin Cuci >> Cara memperbaiki mesin cuci 1 tabung yang rusak dengan benar

 

JIKA TULISAN INI BERMANFAAT, Silakan BAGIKAN KE SOSMED :

Leave a Comment