Cara memperbaiki mesin cuci electrolux mati total

Langkah demi langkah cara memperbaiki mesin cuci merk electrolux yang mati total dengan jenis 2 tabung, top loading dan front loading. kerusakan mesin cuci electrolux sering terjadi karena mati total, mesin cuci tidak berputar atau muncul kode error dll.

Sekilas mesin cuci electrolux

Mesin cuci electrolux dikenal dengan mesin cuci yang cukup awet, bagus mahal.

Namun seawet awetnya barang produksi tentunya juga ada masanya, alias akan mengalami kerusakan.

Kali ini, mesincucijogja.com akan memberikan tips atau panduan cara memperbaiki mesin cuci merk electrolux yang sering mati total.

Langkah langkah sebelum memperbaiki mesin cuci electrolux mati total

Sebelum melangkah lebih jauh, pastikan anda menguasai dasar-dasar tantang kelistrikan dan cara menggunakan multimeter, hal ini untuk menghindari shock atau kejutan lsitrik jika anda tidak tahu tentang kelistrikan.

Baiklah, anggap saja anda sudah sedikit mengerti tentang teori kelistrikan dan multimeter. Jadi siapkan hal-hal berikut apabila anda memiliki mesin cuci merk electrolux front loading atau pintu depan yang rusak mati total.

1.Obeng plus, minus atau kunci pas nomor 6.

2.Multimeter

3.Obeng tespen

a.Setelah ketiga alat tersebut disiapkan, kemudian buka tutup mesin cuci yang diatas dengan melepas baut di belakang tutup (biasanya ada dua baut).

b.kemudian dorong pintu atas ke belakang untuk melepas

c.Dengan multimeter ukur atau cek hubungan antar ujung steker dengan ujung kabel yang menuju ke bagian filter tegangan AC (biasanya bebentuk bulat diameter sekitar 3 cm).

d.jika kedua ujung steker menuju ke kedua ujung kabel yang masuk ke filter terhubung dengan baik, kemudian cek hubungan antara ujung steker ke ujung kabel yang menuju ke Modul kontrol mesin cuci.

e.Apabila kedua ujung steker dan ujung kabel menuju modul mesin cuci terhubung dengan baik itu berarti tidak ada masalah dengan kabel listrik.

f.untuk  memastikan bahwa arus listrik sudah sampai ke modul mesin cuci, coba ukur tegangan listrik dengan multimeter di ujung kabel yang menuju ke modul mesin cuci.

g.apabila tegangan 180-220 volt tidak ada, maka kemungkinan filter tegangan AC(alternating current) rusak, silakan ganti dengan yang baru.

Namun apabila tegangan 180-220 volt ada di kedua ujung kabel, dipastikan modul mesin cuci rusak, silakan langsung ganti saja dengan yang baru.

CATATAN :

Sebelum membongkar tutup dan mengecek tegangan listrik yang menuju ke mesin cuci, sebaiknya pastikan dulu tegangan listrik di colokan atau stop kontak ada 180-220 volt.

Leave a Comment