Kali ini Mesincuci-Jogja.com akan berbagi pengalaman cara service atau memperbaiki mesin cuci jenis top loading 2 tabung merk Panasonic model NA-W608C1R dengan kerusakan Air Pembuangan Tidak Bisa Keluar.

Seperti biasanya , sebelum saya membongkar dan melacak letak komponen atau bagian mesin cuci yang bermasalah, saya akan menganalisa secara kasar bagaimana cara kerja dari Pembuangan atau Drain pada mesin cuci dua tabung merk Panasonic ini.

Perlu diketahui bahwa pada dasarnya cara kerja Drain atau Buang air pada mesin cuci Panasonic 2 tabung ini sama dengan sistem pembuangan air pada mesin cuci jenis 2 tabung merk lain. Hanya saja yang membedakan adalah lokasi karet Seal atau katup dan ukuran serta bentuknya.

Untuk cara kerja dari sistem Drain atau Buang ini adalah dengan menarik tali yang dihubungkan ke per atau pegas di sebuah lubang untuk katup atau seal karet pada pembuangan.

Tali akan tertarik apabila knop Drain diputar pada posisi Drain, nah di dalam knop Drain ini sebetulnya tali akan melilit atau mengencang pada tempat yang sudah diatur sedemikan rupa saat knop diputar ke posisi Drain atau Buang.

Saat tali tertarik , maka pegas atau per di dalam lubang pembuangan akan menarik Seal atau karet katup, akibatnya lubang akan membuka dan air dari tabung akan mengalir keluar ke slang pembuangan.

Namun jika knop diputar pada posisi Regular atau Soft, maka tali akan kendor atau terlepas dari lilitan , akibatnya per atau pegas akan mendorong karet atau seal katup di lubang pembuangan sehingga lubang akan rapat dan air tidak akan keluar ke pembuangan.

Setelah memahami cara kerja dari pada sistem pembuangan atau DRAIN mesin cuci 2 tabung Panasonic diatas, maka dapat disimpulkan bahwa ada kerusakan antara seal, per, tali atau bahkan knop putar itu sendiri.

Kemudian langsung saja, steker dilepas dari listrik dan membongkar tutup belakang pada mesin cuci. Setelah terbuka, kemudian coba memutar knop ke posisi Drain. Dan ternyata tali tetap tidak tertarik.

Inilah penyebab air tidak mengalir ke pembuangan, sebab tali tetap tidak bisa tertarik saat knop diputar keĀ  posisi DRAIN atau BUANG.

Setelah diamati, ternyata permasalahan ada pada knop putar, kemudian langsung bongkar bagian penutup atas yang terdapat knop BUANG dan yang menyatu dengan knop knop TIMER cuci dan SPIN.

Setelah dibuka ternyata plastik atau dudukan untuk knop putar sudah patah, sehingga tidak dapat diputar.

Karena untuk mencari spare part ini agak sulit ditempat kami, maka cara memperbaikinya adalah dengan melepas talinya dan disambung dengan tali lagi agar sedikit memanjang, kemudian di keluarkan diluar. Tali ini fungsinya untuk ditarik, apabila mau membuang air.

Sebetulnya prinsip kerja tetap masih sama dengan bawaan dari pabrik. Hanya saja kalau dari pabrik, tali akan tertarik dan tertahan saat knop diputar ke posisi DRAIN atau BUANG. Namun jika menggunakan tali diluar, air akan keluar selama kita menarik tali tersebut. Ketika dilepas, maka air juga akan berhenti terbuang.

Demikian pengalaman saya dalam memperbaiki kerusakan mesin cuci Panasonic 2 tabung NA-W608C1R yang tidak bisa DRAIN atau BUANG air ke slang pembuangan.

Untuk prakteknya, silakan lihat video berikut.