Kali ini mesincuci-jogja.com akan berbagi  pengalaman cara servis atau memperbaiki mesin cuci jenis front loading merk LUX Classic model WH 262 dengan kerusakan Mati Total.

Seperti biasanya, sebelum saya membongkar mesin cuci untuk mencari komponen atau letak kerusakan, saya akan menganalisa secara kasar bagaimana cara kerja mesin cuci Front Loading LUX Classic ini.

Perlu diketahui bahwa Mesin cuci LUX Classic WH 262  masih menggunakan sistem kerja semi manual. Hal ini karena masih menggunakan knop atau tombol analog(mekanis) untuk pengoperasian awal.

Dan untuk sistem Timer atau pewaktu untuk proses cuci, bilas, spin dan buang air juga masih diputar secara mekanis.

Selain itu untuk menyalakan mesin cuci ini agar bisa ON juga harus menarik Knop atau tuas yang menyatu dengan tombol Timer.

Ada juga untuk tombol selektor spin atau rendam juga masih menggunakan tombol manual.

Cara kerja dari mesin cuci ini secara kasar adalah, Mula mula arus listrik 220-240 volt AC akan masuk ke salah satu konektor Timer, kemudian dari Timer akan ke luar menuju sebuah modul kontrol(elektronik) dan dari modul kontrol mendapat arus listrik berdasarkan selektor pada Timer.

Misalnya untuk melakukan cuci baju, dan Timer pada posisi huruf A, maka dalam waktu beberapa puluh menit, Timer akan bergerak mendekat titik nol alias OFF.

Namun sebelum mendekati titik OFF arus listrik diolah terlebih dahulu di dalam sebuah modul kontrol yang selanjutnya untuk mengaktifkan Dinamo utama, Motor Drain, Selenoid air dan juga Sensor ketinggian air atau water level sensor.

Dengan sedikit memahami cara kerja mesin cuci LUX Classic ini, maka kerusakan mati total seperti diatas kemungkinan disebabkan ada arus listrik yang belum masuk ke Timer atau juga ke Modul Kontrol.

Penting Dibaca  Servis Mesin Cuci Air Tidak Bisa Buang : Panasonic 2 Tabung NA-W608C1R

Setelah mengetahui kira kira bagian kerusakannya, maka langsung saja bongkar tutu atas mesin cuci, namun jangan lupa untuk mencabut steker listrik terlebih dahulu.

Setelah saya bongkar tutup atas mesin cuci, saya langsung megambik multimeter dan mengarahkan pada posisi Ohm dengan skala X1.

Saya mengetes apakah dari kabel jack steker listrik masih terhubung dengan baik menuju ke Timer dan juga Modul Kontrol.

Disini saya melihat dari kabel yang menuju ke konektor Timer ada sedikit korosi atau karat. Mungkin ini penyebab mesin cuci Mati total, karena arus listrik tidak masuk secara maksimal.

Kemudian saya bersihkan soket dan konektornya. dan saya coba hubungkan kembali steker listrik untuk menyalakan mesin cuci.

Dan ternyata terdengar suara dengung, yang menandakan bahwa selenoid untuk kran air masuk sudah menyala.

Kemudian beberapa menit air mengalir ke tabung cuci, dan setelah air cukup, kemudian tabung mesin cuci pun berputar.

Saya coba melakukan tes untuk Drain atau buang air, dan air mengalir dengan lancar.

Kemudian saya coba untuk SPIN dan tabung pun berputar dengan normal.

Jadi kesimpulannya untuk kasus kerusakan pada mesin cuci Front Loading LUX Classic WH 262 ini yang saya tangani karena soket konektor Timer bermasalah.

Untuk paraktek nya silakan langsung saja simak video berikut ini.