Mesin Cuci LG 1 Tabung Top Loading Tidak Berputar

Dapat panggilan service mesin cuci merk LG Top Loading atau bukaan pintu atas model 1 tabung. Menurut yang punya, tiba tiba mesin cuci tidak bisa berputar saat digunakan untuk mencuci atau memeras.

Namun ketika di isi air dari kran, tabung bisa terisi air dan berhenti pada level sesuai settingan programnya.

Demikian juga saat dioperasikan mode SPIN, air juga terbuang dengan baik, namun saat akan proses SPIN atau berputar, ternyata tabung tidak berputar sama sekali.

Langsung saja saya menganalisa kerusakan tersebut dengan memahami cara kerjanya, serta melihat skema diahgaram yang ada pada belakang mesin cuci.

Analisa sementara bahwa modul kontrol sudah bekerja dengan baik, namun dinamo motor utama untuk penggerak tabung belum bekerja atau tidak bekerja.

Langkah selanjutnya tentunya mencabut steker listrik dan membuka tutup belakang mesin cuci. Kemudian lakukan cek hubungan 3 kabel yang menuju ke dinamo utama yang terdiri dari kabel Biru, Merah dan Kuning. Dengan kabel biru sebagai titik tengah dari dinamo atau ground nya.

Sedangkan 2 kabel lainnya adalah fasanya, Dengan menggunakan multimeter pada posisi Ohm , skala X1, ukur hambatan atau koneksi dari kabel Biru ke kabel merah masih menyambung, kemudian dari kanbel Biru ke kabel kuning juga masih menyambung dengan baik.

Untuk nilai resistansi yang baik biasanya antara 20-25 Ohm dari pin kabel Biru ke kabel merah dan dari kabel biru ke kabel kuning.

Jika diukur, ternyata resistansi masih menunjukkan normal, jadi kemungkinan dinamo motor short atau hubung singkat ternyata tidak.

Kemudian dilakukan tes tegangan listrik AC yang mengalir dari modul kontrol ke kabel Biru, Merah dan Kuning. Dimana seharusnya ada tegangan sekitar AC 220 Volt (sama dengan tegangan sumber).

Pada multimeter di posisikan ke skala AC volt dengan menunjuk ke x300, karena diprediksi tegangan sekitar 200 mpe 250 volt AC.

Kemudian nyalakan mesin cuci, baik di mode cuci atau SPIN, namun agar modul kontrol terus mengeluarkan tegangan 220 Volt, sebaiknya pada mode SPIN, biar dilakukan pengukuran tegangan menjadi lebih mudah.

Setelah dilakukan pengukuran tergangan, ternyata ada tegangan sebesar 220 volt saat mesin dinyalakan model SPIN. Ini berarti bahwa modul kontrol sudah bekerja normal. Namun mengappa dinamo motor utama tetap belum berputar?

Di dalam sistem dinamo motor arus listrik AC, harus ada sebuah kapasitor sebagai kopling atau pendorong untuk membantu lilitan utama pada dinamo motor.

Jadi kesimpulannya bahwa, kapasitor rusak atau putus, sehingga lilitan bantu atau kopling tidak bekerja, yang menyebabkan dinamo motor tidak bekerja.

Akhirnya dilakukan pengetesan kapasitor koplingnya yang mempunyai nilai sebesar 10 mikroFarad 500 Volt. Dengan menggunakn multimeter pada posisi Ohm dan skala 1K, seharusnya jika diukur , maka akan ada gerakan jarum multimeter ke kanan dan kemudian berbalik ker kiri lagi.

Namun setelah dilakukan pengetesan ternyat jaru multi meter tidak bergerak sama sekali. Jadi jelas bahwa kapasitor sudah rusak atau putus atau bahkan nilai kapasitasnya menurun.

Kemudian langsung dilakukan pergantian kapsitor dengan nilai yang sama, dan setelah kapasitor dipasang, kemudian tes lagi dengan menyalakan mesin cuci.

Pada mode Cuci, ketikan pertama tombol power di On kan dan tombol Start ditekan, dinammo berputar ke kanan dan ke kiri beberapa kali, ini menandakan bahwa dinamo motor utama sudah bekerja.

Dan untuk meyakinkan, maka diulangi dengan menyalakan mesin cuci pada posisi SPIN, dan pada angka ke 7 di indikatornya, tabung kemudian berputar. Ditunggu sampai selesai normal.

Leave a Comment