Kali ini saya akan berbagi pengalaman cara memperbaiki atau servis mesin cuci jenis front loading merk LG dengan kerusakan mati total.

Menurut pemiliknya, mesin cuci tersebut tiba tiba mati total alias tidak ada indikator yang menyala sama sekali ketika jek steker listrik dicolokkan dan tombol power ditekan.

mesin-cuci-lg-front-loading-mati-total

Sebelumnya mesin cuci normal, namun beberapa waktu sebelumnya saat sedang mencuci dan pada saat proses SPIN, tiba tiba suara mesin cuci keras sekali dan mesin cuci tergeser dari dudukannya sehingga seperti terpental, dan akhirnya mesin cuci roboh dan jek steker terlepas dari colokkannya.

Setelah itu pemilik mencoba untuk menempatkan lagi mesin cuci ke posisi semula dan mencoba untuk mencuci pakaian, namun mesin cuci tidak bisa respon sama sekali.

Seperti biasanya sebelum saya melakukan pembongkaran dan mencari sumber masalahdari mesinc cuci front loadign LG ini, saya akan menganalisa secara kasar dengan memahami cara kerjanya terlebih dahulu.

Ada dua kemungkinan yang  menyebabkan mesin cuci tidak respon sama sekali(orang awam menyebut TIDAK ADA STRUM), yaitu :

Pertama kemungkinan ada jalur kelistrikan yang putus karena terbenturnya mesin cuci ke lantai.

Yang kedua ada kerusakan komponen pada modul kontrol mesin cuci sehingga arus listrik tidak masuk ke bagian IC program modul kontrol.

Untuk langkah pertama, langsung saja saya melepas steker listrik dan membuka tutup bagian atas, kemudian setelah terbuka penutupnya , saya menyiapkan multimeter pada posisi Ohm meter posisi skala X1.

Tanpa mencolokkan steker listrik, saya melakukan pengetesan apakah dari kabel jek listrik menuju ke input modul mesin cuci masih menyambung atau tidak.

Setelah saya lakukan pengecekan ternyata ada permasalahan dengan komponen lilitan dan soket yang menghubungkan dari jalur kabel steker menuju filter yang berupa kapasitor dan lilitan sebelum masuk ke input modul kontrol.

Penting Dibaca  Service Mesin Cuci Tidak Bisa Buang Air : AKARI 2 tabung

Jadi jika saya ukur dengan Ohm meter, sambungan terputus pada salah satu soket lilitan ke input modul kontrol.

Kemudian untuk memastikan apalah arus litrik masuk berpa volt, saya mencoba mencolokkan jek steker listrik dan dengan menggunakan mulitimeter pada posisi AC Volt dan skala X300, saya mengukur tegangan listrik di soket filter yang menuju ke input modul kontrol, disini ternyata tegangan cuma terukur 30 volt saja, inilah yang menjadi penyebab kenapa mesin cuci tidak mau merespon saat tombol power ditekan.

Kemudian langsung cabut jek steker dan melepas rangkaian filternya, dan setelah diamati ternyata ada solderan yang kendor sehingga salah satu kaki lilitan filter yang menuju ke input modul kontrol tidak terhunung secara sempurna.

Kemudian seperti bisanya, panasi solder dan solder ulang bagian yang kendor dan semua titik sekitar.

Setelah semua tersolder dengan rapi, kemudian pasang kembali rangkaian filternya, dan hubungkan semua kabel darj steker dan yang menuju ke input modul kontrol, kemudian lakukan pengetesan dengan cara mencolokkan ke listrik.

Dan dengan menekan tombol power, ternyata mesin cuci langsung menyala.

Kemudian saya operasikan untuk mencuci, dan bisa berjalan normal.

Jadi kesimpulannya, kerusakan mati total pada mesin cuci front loading merk LG ini karena terbentuk dan jatuh sehingga mati total.

Untuk lebih jelasnya bisa di tonton di video dibawah ini :