Service Mesin Cuci Tidak Bisa Buang Air : AKARI 2 tabung

Kali ini saya akan berbagi pengalaman cara memperbaiki mesin cuci jenis 2 tabung merk AKARI dengan kerusakan air pembuangan tidak bisa keluar alias macet.

Seperti biasanya saya menganalisa terlebih dahulu cara kerja dari sistem pembuangan atau sering disebut DRAIN.

mesin cuci akari 2 tabung tidak bisa buang air

Jika diamati secara kasar, bahwa sistem pembuangan mesin cuci jenis 2 tabung adalah dengan menarik karet spiral sehingga katup menjadi terbuka, dengan  demikian air dari tabung pencucian akan segera mengalir ke saluran pembuangan.

Spiral atau per yang ada pada karet katup atau klep ditarik oleh sebuah tali yang dihubungkan ke knop DRAIN atau WASH (BUANG atau CUCI).  Kemudian saat sebuah knop diputar ke posisi DRAIN, maka tali akan menarik spiral atau per sehingga karet klep akan terbuka dan air mengalir dari tabung pencuci ke slang pembuangan.

Sedangkan jika knop diputar ke posisi WASH, maka tali akan kendor sehingga per akan menekan karet klep dan salurang pembuangan menjadi tertutup sehingga air dari dalam tabung pencuci tidak mengalir ke saluran slang pembuangan.

Dengan mengamati cara kerja sistem pembuangan mesin cuci 2 tabung merk AKARI diatas(berlaku juga untuk merk lain), maka jika permsalahannya adalah air pembuangan tidak dapat mengalir alias macet, maka ada 2 kemungkinan yang menjadi penyebabnya.

Penyebab yang pertama dan sering terjadi adalah, rusaknya karet klep(banyak kotoran atau karat) atau per pembuangan yang sudah karat. sehingga tidak dapat tertarik saat knop DRAIN di operasikan.

Penyebab kedua adalah knop DRAIN rusak atau juga bisa talinya yang putus atau lepas dari dudukan di pengait knop DRAIN.

Setelah menganalisa secara kasar , maka segera langsung cabut steker listrik dan bongkar tutup bagian belakang mesin cuci,

kemudian coba di isi dengan air pada tabung pencuci, kemudian knop coba di posisi DRAIN, ternyata air tetap tidak mau keluar padahal tali masih bisa menarik dengan baik.

Kemudian bongkar karet klep, dan terlihat ada banyak sekali kotoran, sehingga ini mungkin yang menjadi penyebab karet klep tidak lentur lagi saat tali tertarik.

Kemudian segera bersihkan karet klep dan pasang kembali, setelah karet dan per terpasang, kemudian pasang kembali tali DRAIN dan coba diisi air, kemudian posisikan knop ke DRAIN, dan seketika air di slang pembuangan langsung mengalir deras.

 

Leave a Comment