Tabung pengering mesin cuci 2 tabung : Fungsi dan cara kerja

Memahami fungsi dan cara kerja tabung pengering pada mesin cuci jenis 2 tabung. Dengan mengetahui prinsip kerjanya maka akan sangat mudah dalam memperbaiki atau merawatnya agar awet atau tahan lama selama pemakaian. Mesin cuci dua tabung terdiri dari 2 tabung untuk pengering dan satunya untuk pencucian.

Sekilas mesin cuci 2 tabung

mesin cuci dua tabung terdiri dari 2 tabung, dimana satu tabung untuk proses mencuci pakaian atau kain maupun tekstil dan satunya untuk proses pengering atau lebih tepatnya pemeras, berbeda dengan mesin cuci jenis 1 tabung atau front loading dimana tabung cuci dan pengering menjadi satu.

Fungsi tabung pengering mesin cuci 2 tabung

Secara umum, tabung pengering pada mesin cuci dua tabung berfungsi untuk melakukan proses memeras pakaian atau kain yang telag dicuci di dalam tabung pencuci, namun sering disebut sebagai pengering oleh kebanyakan orang. Padahal aslinya adalah untuk memeras , yang berasal dari bahasa aslinya yakni SPIN yang artinya memintal atau memeras.

Cara kerja tabung pengering mesin cuci 2 tabung

Memahami prinsip kerja tabung pengering pada mesin cuci jenis 2 tabung sangat penting untuk menjaga agar mesin cuci tetap awet dan aman dari kerusakan.

Cara kerja tabung pengering mesin cuci dua tabung adalah sebagai berikut :

> Mula mula tabung pengering terhubung dengan as atau poros pully, dan pully terhubung dengan poros atau as dinamo spin atau pengering secara langsung.

>Saat knop timer bagian pengering dinyalakan atau diputar ke kanan atau searah jarum jam untuk mengatur lama waktu pengering, maka arus listrik akan mengalir ke dinamo motor bagian pengering.

>kemudian dinamo motor pengering akan berputar searah (biasanya) ke kiri atau berlawanan dengan arah jarum jam.

>Karena tabung pengering terhubung langsung ke pully dan ke dinamo motor pengering, maka tabung pengering akan segera berputar perlahan kemudian bertambah cepat hingga mencapai putaran maksimal.

>Dari gerakkan satu arah yang sangat cepat, maka pakaian atau kain yang tadinya basah akan ikut berputar(seakan akan sedang diperas), selain itu, putaran yang sangat cepat juga menghasilkan udara yang juga membantu untuk menghilangkan air pada pakaian atau kain yang basah.

>Namun perlu diingat bahwa dinamo motor pengering diberi sebuah sensor pintu yang berguna untuk memutus arus listrik secara otomatis apabila pintu dibuka saat tabung pengering sedang berputar. Hal itu untuk menghindari bahaya karena putaran tabung pengering sangat cepat. Dan pada pully juga dilengkapi sebuah rem yang berguna untuk menghentikkan putaran tabung pengering jika pintu dibuka.

Demikian cara kerja tabung pengering dalam mesin cuci jenis 2 tabung secara umum.

Leave a Comment